Skoring Psikotes

Software yang membantu pekerjaan Anda dalam skoring psikotes.

Sabtu, 28 September 2013

Tes MBTI



Tes MBTI (Myers-Briggs Type Indicator) adalah instrumen yang mengukur aspek kepribadian seseorang. MBTI ini dirancang untuk mengukur tipe kepribadian Anda dan merupakan instrumen yang paling banyak digunakan. Telah diperbarui dan divalidasi secara ketat selama lebih dari tujuh puluh tahun. MBTI dapat digunakan untuk personal, relationships, karir dan tim kerja. Bagaimana analisis kekuatan diri Anda, karir yang sesuai, relationships, dan apa formula yang baik untuk pribadi Anda. Hal ini sering digunakan untuk menyeimbangkan kepribadian yang berbeda sehingga mereka dapat membangun pribadi tangguh, menjalin hubungan personal lebih baik atau bekerja lebih efektif.

Tes MBTI dikembangkan oleh Katherine Cook Briss dan puterinya, Isabel Briggs Myers. Mereka mengembangkan tes ini sejak Perang Dunia II (1939-1945). Mereka percaya bahwa pengetahuan akan kepribadian dapat membantu perempuan yang akan memasuki dunia kerja di bidang industri. Setelah mengalami pengembangan, akhirnya Tes MBTI ini pertama kali dipublikasikan pada tahun 1962. Sampai saat ini tes MBTI adalah tes kepribadian yang paling banyak dipakai untuk mengetahui karakter kepribadian karyawan perusahaan agar dapat ditempatkan pada bidang-bidang yang membuat potensi karyawan tersebut optimal.

Dalam Tes MBTI ini, ada 4 dimensi kecenderungan sifat dasar manusia :

  • Dimensi pertama adalah dimana kita memfokuskan perhatian dan mendapatkan energi apakah preferensi kita Introvert (I) atau Extrovert (E). Introvert sering digambarkan sebagai orang lebih berfokus ke dalam diri sendiri, type ini cenderung menyendiri, kurang suka bergaul/bersosialisasi sedangkan Ekstrovert adalah sebaliknya orang yang suka bergaul dan menyenangi interaksi dengan orang lain.
  • Dimensi kedua adalah dengan cara apa kita mendapatkan dan mengolah informasi apakah preferensinya Sensing (S) atau Intuition (N). Sensing mengolah informasi berdasarkan data dan fakta apa adanya sedangkan Intution memiliki kecenderungan mengolah informasi berdasarkan keterkaitan dan pola serta melihat beberapa kemungkinan yang bisa terjadi.
  • Dimensi ketiga adalah cara kita membuat keputusan apakah memiliki preferensi Thinking (T) atau Feeling (F). Thinking mengambil keputusan berdasarkan logika dan analisa sedangkan Feeling lebih berdasarkan perasaan dan empati.
  • Dimensi keempat adalah derajat fleksibilitas kita apakah preferensinya Judging (J) atau Perceiving (P). Judging adalah orang yang berpegang pada rencana yang sistematis dan sekuensial sedangkan Perceiving lebih fleksibel, adaptif dan random (dapat meloncat dari satu topik ke topik lainnya).



Hasil interpretasites MBTI akan menghasilkan salah satu type kepribadian dari 16 kombinasi yang masing-masing memiliki karakteristik tertentu. Perlu dicatat bahwa masing-masing tipe ini tidak menentukan baik dan buruk melainkan lebih kepada preferensi seseorang. Dengan mengetahui preferensi kita maka seseorang dapat lebih mengoptimalkan kemampuannya/produktivitasnya. Adapun ke-16 kombinasi itu adalah:

1.      ESTJ : Extrovert, Sensing, Thingking, Judging

2.      ENTJ : Extrovert, Intuition, Thingking, Judging

3.      ESFJ : Extrovert, Sensing, Feeling, Judging

4.      ENFJ : Extrovert, Intuition, Feeling, Judging

5.      ESTP : Extrovert, Sensing, Thinking, Perceiving

6.      ENTP : Extrovert, Intuition, Thinking, Perceiving

7.      ESFP : Extrovert, Sensing, Feeling, Perceiving

8.      ENFP : Extrovert, Intuition, Feeling, Perceiving

9.      INFP : Introvert, Intuition, Feeling, Perceiving

10.  ISFP : Introvert, Sensing, Feeling, Perceiving

11.  INTP : Introvert, Intuition, Thinking, Perceiving

12.  ISTP : Introvert, Sensing, Thinking, Perceiving

13.  INFJ : Introvert, Intuition, Feeling, Judging

14.  ISFJ : Introvert, Sensing, Feeling, Judging

15.  INTJ : Introvert, Intuition, Thinking, Judging

16.  ISTJ : Introvert, Sensing, Thinking, Judging



Ingin mengetahui kepribadian Anda dan pekerjaan yang sesuai dengan kepribadian Anda melalui tes MBTI? miliki software tes MBTI versi bahasa Indonesia sekarang juga di SINI.

ads

Ditulis Oleh : Lukman Psikologi Hari: 02.10 Kategori:

0 komentar:

Posting Komentar