Skoring Psikotes

Software yang membantu pekerjaan Anda dalam skoring psikotes.

Selasa, 10 September 2013

Tes SPM

Standard Progressive Matrices merupakan bentuk asli dari Raven Progressive Matrices. Tes ini dipublikasikan pertama kali pada tahun 1938. Walaupun demikian, tes ini baru digunakan sejak tahun 1954.
Tes ini terdiri dari lima (5) kelompok soal (A, B, C, D, E), dimana masing-masing kelompok soal berisi 12 soal. Dengan demikian, jumlah keseluruhan soal adalah sebanyak 60 soal (A1, A2, A3, A4, A5, A6, A7, A8, A9, A10, A11, A12, B1, B2, B3, B4, B5, B6, B7, B8, B9, B10, B11, B12, C1, C2, C3, C4, C5, C6, C7, C8, C9, C10, C11, C12, D1, D2, D3, D4, D5, D6, D7, D8, D9, D10, D11, D12, E1, E2, E3, E4, E5, E6, E7, E8, E9, E10, E11, E12). Pada masing-masing kelompok soal, setiap soal akan bergerak dari soal yang mudah hingga soal yang sulit, dimana kondisi ini menunjukkan bahwa dibutuhkan kapasitas kognitif yang lebih besar untuk memasukkan dan menganalisa informasi di dalam otak kita. Semua kelompok soal pada tes ini disajikan dengan dicetak tinta hitam pada latar putih (hitam putih).
Tes ini dirancang khusus untuk testee berusia 6 hingga 65 tahun, dimana tes ini dapat disajikan secara individual ataupun klasikal. Waktu untuk mengerjakan tes ini adalah kurang lebih 30 menit. Di bawah ini merupakan contoh tes SPM dan instruksi untuk mengerjakan tes tersebut.

Instruksi : "Di sini ada sepotong kain tetapi ada bagian yang hilang. Coba pilih dari 6 pilihan di  bawahnya mana yang cocok untuk mengisi bagian yang hilang. Apakah anda sudah mengerti cara mengerjakannya?"
Cara penilaian pada tes ini adalah memberi nilai 1 pada jawaban yang benar, dan nilai 0 pada jawaban yang salah. Sehingga skor mentah atau Raw Scored maksimal yang dapat diperoleh adalah 60 (RS maksimal = 60). Setelah Raw Score diperoleh, maka tester perlu mengubah skor tersebut ke dalam bentuk persentil. Jika sudah diubah menjadi persentil, maka tester akan dapat menggolongkan testee ke dalam Grade dan Kapasitas Intelektual. Sebagai catatan, kunci dan norma untuk tes SPM sudah ditentukan, namun kunci dan norma tersebut tidak akan dipaparkan dalam modul ini, dengan pertimbangan Kode Etik Psikologi yang berlaku.
Aspek yang diukur pada SPM adalah :
1.    Daya Abstraksi, yaitu kemampuan menangkap, membayangkan, dan menganalisa suatu hal yang dilihat atau ditangkap indera kita secara abstrak.
2.    Berpikir Logis / Menalar, yaitu kemampuan untuk menarik kesimpulan yang sah menurut  aturan logika dan dapat membuktikan bahwa kesimpulan itu benar sesuai dengan pengetahuan sebelumnya.
3.    Berpikir Sistematis, yaitu kemampuan untuk mengerjakan atau menyelesaikan suatu tugas sesuai dengan urutan, tahapan, langkah-langkah, atau perencanaan yang tepat, efektif, dan efisien.
4.    Kecepatan & Ketelitian, yaitu kemampuan untuk menangkap, mengolah informasi dengan cepat dan teliti.
Konsentrasi, yaitu kemampuan untuk memberi atensi atau perhatian terhadap suatu hal dalam suatu waktu dengan baik. Dapatkan Software SPM Di Sini.

ads

Ditulis Oleh : Lukman Psikologi Hari: 05.49 Kategori:

0 komentar:

Posting Komentar